Daisypath Anniversary tickers

2nd Month (Week 5-8)

Naaah...di minggu2 inilah aku baru menyadari kalo ternyata tekdung :)

Setelah Subuhnya testpack dg hasil positif, bingung mau periksa kandungan dimana. Dapat rekomendasi untuk periksa di dsog teman sekerjaku dulu saat dia hamil anak ketiga. katanya enak, orangnya sabar, kliniknya buka malam hari (pas dg kami yg bekerja), dan yang aku paling senang adalah:::dekat dengan tempat tinggal kami ;)
Dia dsog di RSAL, buka praktek sendiri di Klinik Bersalin Adinda kalo malem. OK deh, sorenya sepulang kerja survey alamat kesana. Ternyata buka mulai jam 6 petang.

Karna sudah ga sabar,hehehe.....aku periksa sendiri ke Klinik Bersalin Yayuk Ismail di pinggir jalan dekat arah masuk ke gang perkampungan kontrakan kami. 
deV: "mau periksa kandungan"
bidan: "sudah pake testpack? garis dua?"
deV: "iya bu"
trus dia mulai mencatat keperluan administrasi, ditanyai kapan HPHTku, aku dapet buku KIA (Kesehatan Ibu & Anak) yg berlaku sampe anak 5 thn, stiker dan petunjuk2 kehamilan standard Depkes. katanya buku KIA ini dibawa saat berobat dimana saja.
Setelah itu aku diminta masuk ke ruang periksa, diukur tekanan darah, nimbang badan, dan aku diminta berbaring. Bidannya meraba perutku, menekan sedikit trus bilang "oo..masih kecil ini, kira-kira 5-6 minggu".
Trus aku dapat obat, bayar (murah lho), selesai deh :D
Lho, gitu thok?

Hmmm....kurang puas sih, maksudku kok cuma diinterview aja? nah kalo aku bohong gimna?
Keesokan harinya: aku dan mas Andi periksa ke dr. Arsana yg di KB Adinda itu. Ditangani (cek tekanan darah & BB) sama mbak2 perawat dulu sambil nunggu dsognya dateng. Periksa pertama kali ini aku ga tau kalo ternyata suami boleh masuk,xixixi...... Dan aku pun masuk sendirian ke ruang periksa. Ditanya2 sedikit, trus diminta berbaring. Perutku dikasih semacam gel sama mbak Perawat, dengan lugunya aku tanya "ini apa dok?" "Ini namanya USG" katanya. Xixixixi...malu deh aku!
Pas di USG itulah kantong kehamilan sudah muncul dan ada bintik hitam, nah itu calon janin kata dokter.
Alhamdulillah... :)

Sambungan postingan sebelumnya dg sumber yg sama, perkembangan janin w5-8:
Minggu 5:
Permulaan periode embrionik (dari minggu 5 – 10 kehamilan), suatu periode yang sangat penting di dalam perkembangan organ janin. Embrio Ibu saat ini berusia 3 minggu. Panjang janin sekitar 1,27 mm. Sistem saraf pusat, otot dan tulang mulai dibentuk. Begitu pula dengan kerangka.


Minggu 6:
Ukuran embrio rata-rata 2-4 mm yang diukur dari puncak kepala hingga bokong. Tuba saraf sepanjang punggung bayi telah menutup. Jantung bayi mulai berdetak pada minggu ini. Sistem pencernaan dan pernafasan mulai dibentuk, pucuk-pucuk kecil yang akan berkembang menjadi lengan kaki pun mulai tampak.
Picture taken from here

Minggu 7:
Akhir minggu ketujuh, panjangnya sekitar 5-13 mm dan beratnya 0,8 gram, kira-kira sebesar biji kacang hijau. Pucuk lengan mulai membelah menjadi bagian bahu dan tangan yang mungil. Jantung telah dibagi menjadi bilik kanan dan bilik kiri, begitu pula dengan saluran udara yang terdapat di dalam paru-paru.

Minggu 8:
Panjang kira-kira 14-20 mm. Ujung hidung dan kelopak mata mulai berkembang, begitu pula telinga. Brochi, saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan, mulai bercabang. Lengan semakin membesar dan ia memiliki siku. Umurnya sekarang 6 minggu dengan otak yang berkembang pesat dan wajahnya sudah semakin jelas terlihat.
Picture taken from here


 ~devandi~

0 comments: