Daisypath Anniversary tickers

"Mbales"

"Mbales" merupakan sebutan dalam bahasa Jawa yang artinya Membalas. Dalam konteks ini Membalas dimaksudkan untuk membalas kunjungan Lamaran dari pihak laki-laki ke pihak perempuan yang telah dilakukan sebelumnya. Nah, berarti kali ini giliran kunjungan balasan keluargaku ke keluarga mas Andi, ada yang bilang ini disebut Lamaran Balasan. Kalo menurutku ga bener juga kalo disebut Lamaran Balasan, karna tidak ada barang yang aku berikan ke mas Andi sebagai bentuk ‘ikatan’ layaknya yang diberikan mas Andi saat lamaran kemaren. No matter how the way it calls lah, yang penting maknanya silaturrahmi, kunjungan balasan ke rumah pihak laki-laki. Ga ada hukum resminya sih, tapi lagi-lagi...ini adat Jawa :)

Saat Lamaran Februari lalu, memang belum diputuskan tanggal berapa kami nikah. Dalam adat Jawa (khususnya di lingkungan Papa) ga sembarangan menentukan tanggal pernikahan. Tanggal yang cantik (misalnya 11-11-2011) belum tentu merupakan "hari baik" bagi beberapa adat kepercayaan yang dianut. Yah nurut saja. Nah...salah satu tujuan Mbales ini adalah menyampaikan tanggal nikah kami (sebelumnya sudah ditanyakan ke pak "Kyai" oleh mama papa dg memperhitungkan beberapa hal berbau Jowo banget).

Mama sudah persiapkan kue-kue yang mau dibawa. Karna emang mahir bikin kue, all cakes were handled by her, my multi-talented Mom. 
Perwakilan masing-masing 1 box buat difoto ^_^

Dapat juga dari bu Poh Sul (mbaknya papa) dah kluarga Pak Poh Muhyi (kalo ini yang bikin adalah mbak Nik, menantunya). Unik lho,aku seneng banget sama kue yang dibawa Pak Poh. Hehehe....itu mungkin kalo di Betawi ya roti Buaya, kalo Wong Suroboyo mungkin itu ikan Suro dan Buaya. Kalo versi Prambors FM Surabaya beda lagi, mungkin itu ilustrasi dari sepasang kekasih yaitu Cak Sura dan Ning Baya. Ahayyyy!!!!
Atas: Wingko, (kue khas Lamongan) RAMA diambil dari nama anaknya Mbak Nik, cucunya Pak Poh. Bawah: Sepasang ikan bak Cak Sura & Ning Baya ala Prambors FM Sby ;)
Acara berlangsung sederhana dan ga ga formal juga, ngobrol santai. Papa menyampaikan tanggal pernikahan kami dan kluarga mas Andi setuju aja.
Setelah selesai, rombonganku pulang ke Saradan. Lega....1 step dah terlewati. Move to next step! :)

~devandi~ 

0 comments: