Daisypath Anniversary tickers

Wedding Ring

Menurut orang-orang tua, cincin kawin memiliki makna or nilai filosofi lah. Jadi ga sembarangan milih bentuk cincin, gitu kali ya maksudnya. Padahal sebenarnya cincin kawin itu kan ga wajib. Tapi dah jadi kebiasaan aja turun temurun. Kami pun ga punya gambaran apa-apa tentang cincin kawin model apa yang nantinya mau kami pake. Searching....browsing....hunting.....dpt masukan...dpt usul..., and so on.

Kata mama bagusnya cincin kawin itu tidak bermata karna slalu dipake sehari-hari, dibawa mandi, dipake nyuci piring, nyuci baju dan segala pekerjaan rumah tangga lainnya, takutnya ntar matanya hilang, ato tercungkil kluar dg sendirinya. (yeeee...itu kan mindset yg melekat di ibu2 IRT jaman dulu!, kalo ibu2 IRT jaman sekarang dah beda: ngenet, ngejar karir, arisan,xixixi....) ===>ngelesku, cari-cari alasan level 1 !!!
Hmmmm.....nyambung jg sih.

Kalo kata mama yang lain: cincin kawin itu lebih baik terbuat dari emas kuning dan polos *tidak bergaris-garis atau berukir-ukir*. Filosofinya: polos mencerminkan harapan kehidupan pernikahan nantinya berjalan mulus, kalo ukiran-ukiran berarti banyak halangan dan rintangan. Emas kuning melambangkan keabadian karena emas kuning itu logam mulia, murni, diharapkan pernikahan juga abadi selamanya. (yeeee....jaman dulu kan belum terkenal ada emas putih, xixixi....) ===>ngelesku, cari-cari alasan level 2 !!!
Okay okay....masuk akal juga sih.

hot dreaming ring ;)

Kalo nurutin "pengen", ya aku pengen kayak di TV-TV itu lho, cincin yang berliannya nongol, kurang lebih kayak gambar yang aku googling di samping ini.
 
U know what?? aku sudah bisa menebak gimana reaksi mas Andi pas aku bilang "pengen"ku yang agak sulit terealisasi itu:  Yup, dia ngakak! "ya bukan cincin kawin itu, ga ada kembar-kembarnya sama sekali dengan cincin pasangannya", dia bilang sambil cueknya. Xixixi...bener sih, tapi kan apa salahnya mengkhayal ala Sang Putri yang dilamar Sang Pangeran dengan berlutut membawa cincin itu trus yang terlihat di gambar cuma kilau berliannya lalu berkata "Will you marry me?". Huaaa...!! ^_^
 
Kalo di Islam laki-laki tidak boleh memakai emas. So, dari awal memang kami dah rencana ga pake cincin emas untuk cowok. Tapi kalo suaminya ntar ga pake cincin rasanya juga ga klop, ntar dikira mas Andi single terus (halah!!! :D ). Diputuskanlah untuk pake cincin perak. Salah satu penjelasan yang gampang dicerna tentang dilema cincin kawin muslim untuk cowok bisa baca di sini. Intinya adalah solusi untuk laki-laki muslim berkaitan dengan cincin kawin (toh cincin kawin ga wajib juga!), yaitu:
  • Ga pake cincin sama sekali, jadi cewek aja yang pake cincin
  • Tetep beli cincin emas untuk cowok tapi ga dipake, jadi cuma disimpen aja. Tapi ini mubazir sekali. Ga recommended banget, menurutku sih :D
  • Kalo maksa tetep pengen pake ya brarti bukan emas, alternatifnya: perak, stainless steel, platina (wuih yg Platina mahal banget).

Mulailah searching model cincin, bingung banyak pilihan. Kami sempat hunting ke pertokoan emas, bagus-bagus modelnya (naluri cewek kalo liat perhiasan jadi agak-agak silau gimanaaa gitu!,hehe). Ternyata rata-rata kadar emasnya 75%. Jadi teringat omongan mama kalo perhiasan yang dipake sehari-hari itu bagusnya minimal 80% biar tetep awet kilaunya.

Efeknya adalah aku jadi sering memperhatikan jari orang-orang yang kutemui, siapa tahu terinspirasi. Yang paling inget banget waktu ke kantor bank, setelah selesai urusan aku tertarik ama cincin yang lagi dipake CSnya. Trus dengan nada memelas aku sampein ke dia "maaf, ini agak private...boleh liat cincinnya? cincin kawin ya?". Mbak CSnya baik banget, dia langsung merespon dengan melepas cincinnya dan ditunjukkan padaku. "Bukan mbak, ini cincin mainan kembaran sama cowokku", ujarnya sambil tersenyum. Ooooo......pas aku pegang kok enteng banget ya. Hehehehe....jadi malu ngerepotin mbak CS.

Efek selanjutnya: saat tutoring private conversation, aku juga sempat-sempatnya memperhatikan cincin studentku. Dia male, Chinese, umur sekitar 33 years old, dosen Teknik Informatika di salah satu PTS di Surabaya. Dia pake 1 cincin di jari manis kanan dan 1 cincin di jari manis kiri. Semuanya cincin emas putih. Pake ba bi bu dulu, aku memulai introduction tentang cincin yang dipakainya. Dengan ikhlas dia melepas cincinnya dan menunjukkan kedua cincinnya padaku. (apa emang gini ya respon orang kalo kita tanya tentang cincin yang dipake? mereka langsung ngelepas dan menunjukkannya,xixixi.... 2 Kali gitu semua sih). Katanya cincin yang kiri itu cincin tunangan, dan cincin yang kanan adalah cincin kawin. Di cincin kawinnya tertulis nama istrinya dan tanggal nikahnya, pokoknya tahun 2008, tunangannya sekitar 4 bulan sebelum tanggal nikah. Pas aku dekatkan kedua cincinnya ada perbedaan sedikit. Cincin kawin jauh lebih putih, sedangkan cincin tunangan agak menguning. "Iya miss, cincin tunanganku ini kan ga pake pesen, aku sama istriku langsung liat yang di toko, suka trus beli, itu kadarnya 75%. Kalo yang cincin kawin ini harus pesen dulu, dan kadarnya 90%", dia jelasin gitu. Ahaa!!!! akhirnya nemu juga orang pake cincin emas putih dengan kadar 90%! Trus aku tanya "emangnya ada cincin emas putih kadar 90%?". Dia bilang "Ada miss, aku belinya di pertokoan emas di Pasar Atum, ga sampe sebulan dah jadi kok cincinnya". Tapi sayangnya dia lupa nama toko emasnya apa, katanya itu toko saudaranya (Ya iyalah Pasar Atum identik dengan Chinese dan dia juga etnis itu). 

Introgasi masih terus berjalan nih. Trus aku juga tanya kenapa pilih semuanya pure emas putih? padahal di toko-toko emas kan banyak model-model cincin yang memadukan emas putih dan emas kuning, bagus-bagus juga modelnya. Kalo tentang itu dia punya jawaban tersendiri yang menurutku bisa buat referensi sih. Dia bilang "istriku kan kerja di pabrik perhiasan emas miss (ga perlu disebut nama pabriknya), jadi dia lebih tahu soal emas, katanya kalo perpaduan 2 warna emas gitu ntar malah yang putih jadi kalah ama yang kuning, ntar jadi ikut-ikutan kuning gitu. Lagian kan emas putih lebih terlihat elegan dan mewah,hehehe..", dia nyengir, dan aku pun nyengir.
Wah....berguna banget aku kerja di Sabtu pagi itu. Thanks a bunch, Mr. Alexander ;)

*Mulai menyusun rencana untuk membidik "Our Wedding Ring"!

~devandi~

3 comments:

Yuanita Tacik said...

paling suka dengan posting ini. Jadi langsung ngeh apa aja yang perlu dipertimbangkan saat cari cincin kawin

Andi and Devy said...

hi mbak Yuanita,
ity's my pleasure kalo bisa menginspirasi.
Thanks for visiting :)

Anonymous said...

thx buat inspirasinya, miss :)