Daisypath Anniversary tickers

Prosesi Siraman

Ralat: Siraman digelar sekitar jam 3 sore, jadi tidak sesuai dengan jadwal semula yang direncanakan jam 10 pagi. Ternyata didekatkan dengan waktu setelah sholat Ashar dan sebelum Maghrib, karena yang diundang syukuran adalah warga sekitar rumah papa di desa yang mayoritas petani. So, kalo pagi kan mereka pada sibuk dinas di sawah :)
Tak masalah menurutku, toh hampir semua keluarga sudah datang (khususnya yang kebagian "nyiram")

Acaranya JOWO bangetz! Mulai dari MC, musik plus prosesinya ^_^
Berikut ini liputannya:


Sungkem sebelum Prosesi dimulai
Yang kebagian nyiram adalah Papa Mama dan tujuh kerabat wanita, sebelum disiram aku harus sungkem ke mereka semua, and here they are: 
1. Mbah Dok (Ibunya papa)
2. Mbah Siti (Buleknya mama)
3. Bu Poh = Bu Dhe (Kakak ipar papa)
4. Lek Gemi (adeknya papa)
5. Mbak Dhyna (kakak kandung Devy) *heran deh kenapa mbakku masuk, padahal dia tahun kemaren disiram eh sekarang malah nyiram,xixixi.... Dia gantiin tanteku yang ga bisa datang karna dinas luarkota. Jadi paling muda deh mbak Dhyna!
6. Bu Ronny (tetangga dekat)
7. Bu ..... hehehe kok lupa ya namanya (tetangga dekat) *maaf... :(
8. Mbak Kom (make up artist), beliaulah owner vendor nikahku. Wajib ikut nyiram lho!
Wudhu, mecah kendi, potong rambut yg kemudian dikubur dalam tanah
Mama Papa dodol (jualan) dawet, trus ngitung uang jualan tadi
Setelah sungkem baru deh mulai menyiram sesuai urutan nomor di atas, dimulai dari Mama Papa. Ada sedikit tragedi disini, brrrr....aku kedinginan! ASLI!! sampe menggigil! Mama dah kuatir aja takut aku pingsan kan habis sakit minggu-minggu sebelumnya. Aneh tapi nyata, giliran gayungan air terakhir: siraman dari Mbak Kom hangat lho! Sebelum menyiram beliau komat kamit baca doa di dekat ubun-ubunku. 

Jadi inget omongan MCnya: "air ini diambil dari tujuh sumber mata air", xixixixi...yang terlintas dalam benakku "iyah 7 sumber, yaitu Aqua, Club, Total, Vit, trus apa lagi yaaaa?????"

Setelah disiram, ini urutan prosesinya:
  • Wudhu
  • Mecah Kendi
  • Gunting rambut; Papa mama gunting rambutku, dikit kok cuma buat syarat :D
  • Mengubur guntingan rambut ke dalam tanah 
  • Papa gendong aku, tapi papa ga kuat,hehehehe....jadi cuma action gendong aja ;)
  • Berjalan berurutan, aku di tengah.
  • Papa mama Dodol (jualan) dawet
  • Menghitung uang hasil jualan *uangnya dah disiapin vendornya, bentuknya kepingan tanah liat tebal, dan yang jadi pembelinya adalah pengunjung acara Siraman itu
Syukuran pake tumpeng, baca doa trus makan tumpeng deh :D
Setelah prosesi itu selesai masuklah ke session terakhir: Syukuran. Dah disediain tumpeng. Baca doa dulu lalu makan. Disuapin mama papa trus aku makan sendiri. Sang MC bilang "silakan pilih lauk kesukaan anaknya apa" *pake bahasa jawa lho rangkaian acara ini :D
Sampe dikomentari dek Dhody (adekku) "Mbak, kamu kelaperan ta?" Hahaha....ya malah ga nafsu makan lah. Di tumpeng itu disuruh milih lauk apa, karna semua gede-gede dan yang paling kecil itu kepala ayam ya sudahlah ambil kepala ayam aja! *lol!

Atas: Arie (sobatq); Bawah: dari kiri Kak Hikmah (kakak ipar), mbak Dhyna gendong dek Amira (1st child), dek Dhody, Mama, Papa
~devandi~

0 comments: